TIPS MERAWAT MOBIL AGAR TIDAK CEPAT RUSAK

TIPS MERAWAT MOBIL AGAR TIDAK CEPAT RUSAK

 

 

  •    Perawatan Mesin
*** Ganti oli mesin secara rutin .Kita tidak perlu menggunakan oli yang mahal .Cukup gunakan oli yang memenuhi Standard SNI .Biasakan ganti oli dengan pemakaian 5.000 – 10.000 km tergantung merk oli. Dan cara penggunaan kendaraan juga berpengaruh dengan kinerja oli terhadap mesin itu sendiri.
 
 *** Untuk perawatan aki sebenarnya mudah . Dengan cara mengontrol air aki setiap seminggu sekali . Dan jika air berkurang, isilah air aki tersebut untuk menjaga performa aki  dalam menghasilkan listrik . Air aki yang selalu rutin diisi akan membuat aki tersebut tahan lama. Perhatikan juga katup aki dengan cara menyikatnya untuk menghilangkan korosi pada bagian tersebut.
*** Isi selalu air radiator mobil anda, cukup dengan air biasa saja, karena proses penguapan air biasa adalah yang terbaik.
*** Periksa minyak rem, selalu sedia 1 kaleng minyak rem di rumah anda, untuk minyak rem anda hanya perlu mengeceknya sebulan sekali saja.
 *** Ganti oli gardan dan persneling secara rutin mungkin 6 – 12 bulan sekali tergantung pemakaian saja, oli gardan dan persneling yang diganti rutin akan membuat mobil terasa ringan ketika akselerasi, bermanfaat juga untuk mengirit bahan bakar.
*** Jika terdapat bunyi pada bagian bawah (kaki kaki) mobil anda, bawalah ke bengkel lalu tanyakan apakah tie root, ball joint atau laher roda anda mengalami kerusakan dan harus diganti, penggantian yang lebih awal pada 3 bagian tersebut agar tidak merembet pada bagian lainnya yang tentu saja akan memakan biaya yang lebih besar ketika membiarkan bagian kecil rusak tetapi merembet pada bagian lainnya, seperti laher roda yang rusak membuat ban akan mengalami botak pada sisi bagian saja.
*** Servis mobil secara berkala, dianjurkan setiap 10.000 – 20.000 km sekali, servislah selalu ke bengkel resmi, karena bengkel resmi paling tahu penyakit mobil dan mempunyai obat yang paling manjur dan mujarab untuk membetulkan sebuah mobil, apalagi khususnya pada mobil baru dan mewah yang sudah menggunakan sistem komputer pada bagian klep mesin anda. Gunakan juga busi sesuai aturan agar mendapatkan pembakaran yang maksimal.
*** Bersihkan bagian dalam ruang mesin secara rutin . untuk menghindari banyaknya kotoran yang menempel pada bagian dalam ruang mesin . lap dengan kain biasa tanpa perlu menggunakan air yang banyak hanya perlu lap basah sedikit saja, gunakan kecomceng untuk bagian yang sulit dijangkau dengan tangan, paling penting adalah bagian timing belt, jika tampak pecah pecah seperti tanah yang kekeringan pada bagian timing belt, segera datangi bengkel terdekat untuk meminta penggantian, jika teledor dan hingga timing belt tersebut putus, mobil anda akan mengalami kerusakan yang lebih parah. 
  • Perawatan Eksterior 
***  Wiper memang 90% digunakan pada musim penghujan. Tapi disaat musim kemarau juga dapat berguna untuk membersihkan debu di bagian kaca depan. Sebaiknya mengganti wiper disaat musim hujan akan tiba . dan selalu tambahkan sedikit sabun pada tabung wiper . Agar debu dan kotoran yang menempel pada kaca mobil lebih mudah untuk dibersihkan . Hal ini  akan membuat karet wiper anda awet dan kaca mobil anda tidak mudah tergores.
 
 
*** Mencuci mobil juga tidak diharuskan setiap hari . Mencuci mobil setiap hari akan membuat warna cat lebih cepat pudar. Sesekali poleslah mobil anda di bengkel yang menyediakan jasa poles kaca dan bodi . Agar mobil selalu kelihatan bersih. Dengan rajin memoles kaca juga membuat pandangan anda tidak terganggu ketika malam hari.
 
*** Cek selalu ukuran angin ban sesuai standar yang diharuskan . Biasanya terdapat pada bagian sisi ban. khusus mobil sedan terdapat tanda tentang ukuran isi angin ban di sebelah kanan mobil pengemudi . Jika ban tubless, lalu baru sehari mengisi angin ban, lalu besoknya kelihatan sudah sedikit kempes, lakukan pengecekan ban, biasanya terdapat benda yang umumnya paku yang menancap di ban anda. 
  •  Perawatan Interior
 
*** Bungkus jok mobil, lebih mudah membersihkannya jika anda menggunakan bungkus jok berbahan kulit, jok kulit cukup dibersihkan dengan lap basah saja. Lap basah juga cocok sekali untuk membersihkan kaca bagian dalam mobil serta dashboard mobil, gunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran pada bagian dashboard dan bagian samping mobil pada interior.
 
*** Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan plafon mobil dan bagian karpet serta interior lainnya, jika tidak memiliki vacuum, rutinlah 1 – 2 minggu sekali datangi pencucian mobil untuk membersihkan mobil anda. Pilihlah pencucian mobil yang menggunakan hidrolik agar mobil anda dapat terangkat keatas, karena bagian bawah mobil juga harus rutin dibersihkan untuk membuang kotoran yang menempel pada bagian bawah mobil.
 
*** Gunakan stempet terbaik pada bagian engsel pintu mobil, kap mesin dan bagian bagasi agar tidak terdapat bunyi seperti tikus.
 
*** Hindarilah merokok didalam mobil agar interior terutama bagian plafon mobil tidak tampak kehitaman, merokok didalam mobil juga tidak baik bagi kesehatan terutama perokok pasif, dan membuat mobil memiliki bau tidak sedap. Beberapa riset tentang kesehatan juga adalah mobil yang sering digunakan untuk merokok juga menyebabkan kemungkinan penyakit kanker lebih besar daripada ruangan rumah yang digunakan untuk merokok.
 
 
Demikian TIPS MERAWAT MOBIL AGAR TIDAK CEPAT RUSAK
Semoga bermanfat.

One thought on “TIPS MERAWAT MOBIL AGAR TIDAK CEPAT RUSAK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *