Tempat Wisata Di Kabupaten Bintan – Kepulauan Riau

Tempat Wisata di Pulau Bintan

 

Salah satu tempat wisata di Kepulauan Riau yang menjadi andalan PAriwisata Provinsi Kepulauan Riau , Banyak ditemukan di Kabupaten Bintan. Bintan juga merupakan pulau terbesar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bintan cukup menyedot perhatian wisatawan. Dan salah satunya adalah wisata baharinya yang sangat terkenal hingga ke mancanegara, yakni Pantai Lagoi. Berikut ini daftar tempat wisata di Bintan yang akan memanjakan para wisatawan yang datang.

– Air Adventures Flying Club Bintan

 

Salah satu andalan tempat wisata di Kepulauan Riau adalah Air Adventures Flying Club Bintan. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Bintan dari ketinggian. Pesawat amfibi yang terbuka ini akan siap mengantarkan kamu berkeliling di atas langit Kabupaten Bintan. Kisaran per paketnya dari range 400 ribu an kamu sudah bisa menikmati terbang menggunakan pesawat terbuka. Lokasi wisata Air Adventures Flying Club Bintan ini berada di Teluk Sebong, tepatnya di Sebong Lagoi.

– Air Terjun Gunung Bintan

 

Lokasi Air Terjun Gunung Bintan ini tepat berada di bawah kaki Gunung Bintan. Meskipun obyek wisata ini sudah tertata dan juga terawat dengan rapi. Tapi tetap memiliki keindahan yang masih sangat alami. Ornamen batu hitam yang ada di air terjun semakin menambah kecantikan Air Terjun Gunung Bintan. Tak heran juga jika air terjun ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup favorit, khususnya bagi warga Kabupaten Bintan. Lokasi wisata Air Terjun Gunung Bintan ini berada di Kecamatan Teluk Bintan, tepatnya Desa Bintan Buyu.

– Air Terjun Gunung Lengkuas

 

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Bintan Timur, Kelurahan Gunung Lengkuas sangat eksotis. Sangat terlihat dengan bebatuannya yang berwarna hitam pekat yang berbentuk seperti anak tangga  dengan tinggi sekitar 5 meter. Meskipun airnya tidak begitu deras tapi semakin membuat betah wisatawan berada tepat di bawah pancuran air terjun. Dan yang lebih mengasyikkan adalah di dekat Air Terjun Gunung Lengkuas ada kolam yang lumayan lebar yang memang khusus untuk wisatawan yang ingin merasakan segarnya air pegunungan.

– Aroma River Spa

 

Lagi-lagi Bintan menyajikan destinasi wisata yang sangat berbeda, Aroma River Spa. Tidak hanya sekedar spa biasa saja, tapi spa ini benar-benar memberikan pemandangan yang luar biasa. Dengan lokasinya yang berada di tengah hutan bakau dan terapung di atas sungai membuat Aroma River Spa tidak hanya sebagai spa saja tapi juga tujuan wisata. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang berbeda, setelah wisatawan menikmatik keindahan sungai dan hutan bakau biasanya dilanjutkan dengan perawatan atau rileksasi. Lokasi wisata Aroma River Spa berada di Telok Dalam, tepatnya di Jalan Trikora Km. 5.5.

– Bintan Mangrove

Destinasi wisata yang cukup favorit bagi wisatawan adalah Bintan Mangrove. Hutan Mangrove ini tergolong cukup lebat dan ketika masuk kamu akan disuguhi eksotisme hutan Mangrove yang sangat hijau. Kamu juga bisa menikmati keindahan Bintan Mangrove dengan menyusuri sungai yang ada di tengah hutan dengan perahu. Dan terkadang kamu juga bisa melihat burung-burung yang bersarang di dalam Bintan Mangrove. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Kawasan Kampung Lagoi dan juga di Desa Sebong Lagoi.

– Bukit Kerang

Salah satu wisata sejarah yang juga menjadi andalan Kabupaten Bintan adalah Bukit Kerang. Bukit Kerang ini memiliki tinggi sekitar 12 meter dan hampir semuanya berisi cangkang kerang yang hampir semuanya sudah mengeras atau membatu. Berdasarkan penelitian, Bukit Kerang ini ada dikarena aktifitas manusia prasejarah yang mengkonsumsi makanan seperti kerang laut. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini telah menjadi cagar budaya karena di Indonesia hanya ada sedikit adanya bukti peninggalan zaman manusia prasejarah. Lokasi wisata Bukit Kerang berada di Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya.

– Padang Pasir Bintan

Inilah tempat wisata di Kepulauan Riau yang lagi hits, tepatnya berada di Desa Busung atau jalan pintas Tanjung Pinan – Bintan. Bukit pasir ini dulunya bekas pertambangan pasir yang sudah tidak beroperasi lagi dan sekarang menjadi destinasi wisata yang sangat unik yang ada di Kabupaten Bintan. Bukit Pasir ini memang sangat cocok bagi penggila selfie dan yang pasti intagramable banget. Kontur dari perbukitan pasir yang sangat eksotis dan warna putih pasir menjadi spot yang keren untuk berselfie ria.

– Calypso Floating Bar dan Kelong Seafood Restaurant

Nuansa yang sangat berbeda ketika kamu menikmati panorama pantai dan juga ditemani makanan seafood khas Bintan akan menjadikan liburan kamu lebih sempurna. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang cukup berbeda. Sebuah café dan restaurant yang terapung tepat di atas pantai ini tidak hanya memberikan view yang indah akan pantai dan birunya air lautnya saja, tapi juga sajian seperti wine dan juga seafood benar-benar menggugah selera. Lokasi Calypso Floating Bar dan Kelong Seafood Restaurant ini berada di Bintan Resort, tepatnya di Jalan Panglima Bantar.

– Danau Biru

 

Selfieable, dan sudah pasti instagramable banget, itulah Danau Biru. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini benar-benar sangat memukau dengan warna airnya yang biru menjadikannya terlihat sangat cantik. Danau Biru ini awalnya bekas tambang pasir dan bahkan hingga kini juga masih ada penambangan pasir di danau ini. Tapi wisatawan tetap saja berdatangan karena memang Danau Biru menjadi spot terbaik untuk selfie. Lokasi wisata Danau Biru ini berada di Desa Gunung Kijang.

– Gedung LAM Bintan

Gedung Lembaga Adat Melayu ini dibangun dengan sangat megah yang saat ini difungsikan sebagai perkantoran dan juga sebagai tempat pertemeuan. Selain itu Gedung LAM Bintan ini terkadang juga digunakan sebagai tempat untuk menjalankan persepsi pernikahan. Dari segi arsitekturnya tempat wisata di Kepulauan Riau ini mengambil arsitektur adat melayu yang cukup kental dengan dinding dan juga ornamennya. Dan untuk lokasi Gedung LAM Bitnan ini berada di Kijang Kota.

– Jembatan Busung

Salah satu tempat wisata baru yang menjadi favorit anak muda Bintan adalah Jembatan Busung. Ketika hari mulai senja akan banyak wisatawan terutama wisatawan lokal yang menikmati redupnya cahaya matahari yang mulai tenggelam. Begitu juga ketika malam hari, hiasan cahaya lampu menjadi sajian utama di Jembatan Busung. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang bisa menjadi alternatif untuk menikmati senja atau mencoba untuk memancing ikan yang ada di muara sungai.

– Kampung Wisata Panglong

Salah satu wisata budaya yang ada di Kabupaten Bintan adalah Kampung Wisata Panglong. Di kampung inilah banyak Suku Laut yang tinggal dengan berbagai macam adat dan istiadatnya. Ketika kamu berada di Kampung Wisata Panglong kamu akan disuguhi panorama pedesaan yang tepat berapa di pinggir laut. Dan yang cukup unik di tempat wisata di Kepulauan Riau ini adalah adanya Dapur Arang yang dahulu digunakan untuk pembuatan arang. Yang bentuknya hampir mirip seperti rumah suku Eskimo atau rumah Dome di Jogja.

– Kapal Legendaris MV Doulos Phos

Tidak hanya wisata bahari yang disajikan Kabupaten Bintan, tapi wisata sejarah seperti Kapal Legendaris MV Doulos Phos. Hingga saat ini kapal yang dibuat dua tahun sebelkum kapal Titanic ini masih utuh. Bahkan menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan asing. Kapal Legendaris MV Doulos Phos ini menjadi kapal penumpang tertua di dunia yang di catat oleh Guiness Book of Records. Dan kabarnya kapal ini akan dibuat menjadi hotel berbintang yang cukup unik yang belum pernah ada di dunia. Lokasi wisata Kapal Legendaris MV Doulos Phos ini berada di Pelabuhan Feri Bandar Bentan Telani.

– Makam 7 Putri Kerajaan Bintan

Unik bin ajaib di Makam 7 Putri Kerajaan Bintan yang berada di Bukit Batu ini sebenarnya hanya ada 6 makam tapi khusus yang 1 makam hanya bisa dilihat oleh mata bathin. Itupun juga tidak sembarangan orang yang mampu melihatnya. Dan mereka ini adalah 7 putri dari kelompok Kerajaan Sriwijaya yang ada di Bintan pada tahun 12 M. dan mereka inilah yang menjadi cikal bakal dari Kerajaan Melayu. Kini Makam 7 Putri Kerajaan Bintan menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup sering dikunjungi para peziarah.

– Makam Sultan Abdullah Muayatsyah

Meskipun Pula Tampelan termasuk pulau terluar bukan berarti tidak memiliki sejarah panjang. pulau Tambelan dahulunya juga menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Johor pada tahun 1623. Hal ini semakin memperkuat dengan banyaknya situs sejarah yang salah satunya adalah Makam Sultan Abdullah Muayatsyah. Beliau ini adalah Sultan Johjor IV. Yang unik adalah makam beliau ini dibuat dari batu laut dan lokasinya berada di Desa Batu Lepuk, Kecamatan Tambelan. Kini makam beliau menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang termasuk wisata sejarah bagi para peziarah.

– Masjid Pink

Masjid ini sebanarnya namanya Masjid An-Nur tapi kebanyakan wisatawan atau masyarakat lebih sering menyebutnya sebagai Masjid Pink. Hal ini dikarenakan warna pink sangat mendominasi warna eksetior masjid dan juga interiornya. Arsitektur masjidnya yang mengambil Timur Tengah juga semakin terlihat sangat cantik. Akhirnya Masjid Pink ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau khusunya sebagai destinasi wisata religi. Lokasi Masjid Pink ini berada di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

– Masjid Raya Baitul Makmur

Salah satu tempat wisata di Kepulauan Riau yang termasuk di dalam wisata religi adalah Masjid Raya Baitul Makmur yang berada di Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara. Meskipun masjid ini bukan kategori masjid tua, tapi termasuk masjid yang memiliki arsitektur yang memukau. Apalagi dengan adanya taman yang ada di sekeliling masjid dan juga ornamen warna lantai yang colorfull semakin membuat Masjid Raya Baitul Makmur terlihat sangat megah dan artistik.

– Mini Zoo Kijang

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup unik dengan mengambil tema kebun binatang mini yang berada di Kelurahan Kijang, Kecamatan Bintan Timur. Meskipun mini, koleksi faunanya juga cukup lengkap, ada rusa, burung merak, dan fauna lainnya. Mini Zoo Kijang juga dilengkapi dengan taman dan juga playground yang membuat para wisatawan betah. Mini Zoo Kijang memang sangat cocok untuk wisata keluarga terutama untuk anak-anak, bisa dijadikan sebagai tempat edukasi.

– Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang

Dibangunnya Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang ini sebagai bukti sejarah bahwa bauksit pertama kali ditemukan di Kota Kijang, Kecamatan Bintan Timur. Pada tahun 1920 ditemukan oleh Belanda lalu dilanjutkan oleh PT. Antam Tbk. Tetapi kini telah berakhir dan dibuatnya monumen sebagai bukti bahwa pernah ada pertambangan bauksit terbesar di Bintan. Di dalam monumen ini terdapat tugu dan juga berbagai macam kendaraan berat pertambangan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Kota Kijang di Jalan Trikora.

– Pantai Lagoi

Siapapun yang datang ke Pantai Lagoi akan berdecak kagum melihat keindahan Pantai Lagoi. Inilah pantai andalan yang menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup favorit. Pantainya yang sangat bersih, pasir putihnya yang luas serta gradasi warna air laut yang biru semakin membuat betah wisatawan. Pantai Lagoi ini juga bisa dibilang sebagai pantai yang mewah, karena di pantai ini banyak berjajar resort-resort yang cukup mewah. Lokasi Pantai Lagoi berada di Kecamatan Bintan Utara.

– Pantai Lancang Kuning

Hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bintan. Pasir pantainya yang putih dan birunya air laut, serta berderet pepohon kelapa dan juga cemara. Tapi ada yang menarik di Pantai Lancang Kuning, yakni ada pulau kecil tepat di depan pantai yang hanya berjarak beberapa ratus meter saja. Di pulau kecil itu bisa menjadi spot memancing atau hanya menikmati panorama pantai dari lokasi yang berbeda. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tidak ada wahana air, dan fasilitiasnya juga belum lengkap, jadi kamu harus membawa perbekalan yang cukup untuk mengunjungi pantai Lancang Kuning.

– Pantai Loola

Pantai ini memang dikelola oleh Loola Resort, jadi kebersihan pantai benar-benar terjaga. Selain didukung panorama pantainya yang sudah cantik ditambah lagi adanya resort-resort apung semakin terlihat eksotis. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini ada wahana permaianan air seperti kayak yang akan memanjakan wisatawan berkeliling di pulau-pulau kecil tepat depan pantai. Namaun wisatawan tidak bisa menelusuri Pantai Loola, karena memang merupakan pantai pribadi yang dikelola oleh Loola Resort.

– Pantai Nirwana Gardens

Pantai yang lokasinya tepat dengan Nirwana Resort ini memang sangat bersih dan didukung pasir pantainya yang bersih semakin terlihat sempurna. Di areal Pantai Nirwa Gardens ini banyak sekali wisatawan asing yang mengunjungi pantai, karena memang merupakan kelolaan dari Nirwana Resort. Perpaduan pasir putih dengan birunya laut dan juga ornamen bebatuan di pinggir pantai semakin membuat tempat wisata di Kepulauan Riau ini mengundang banyak wisatawan asing untuk berdatangan.

– Pantai Sakera

Salah satu tempat wisata di Riau tepatnya di Bintan yang memiliki fasilitas cukup lengkap adalah Pantai Sakera. Lokasi tepatnya berada di Tanjung Uban. Tidak hanya cukup berenang atau berendam atau menikmati bermain pasir putih saja. Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai wahana air dan juga panorama yang sangat indah. salah satunya yang paling din anti wisatawan di Pantai Sakera adalah panorama sunset yang begitu eksotis.

– Pantai Sebong Pereh

Kontur Pantai Sebong Pereh yang landai, berpasir putih dan gradasi warna biru lautnya mampu memikat wisatawan untuk datang. Tersedianya wahana air seperti banana boat semakin memanjakan para wisatawan untuk tetap terhibur di tempat wisata Kepulauan Riau ini. Adanya gazebo dan berjajar pohon kelapa di pinggir pantai menjadi spot terbaik untuk menikmati panorama Pantai Sebong Pereh. Keberadan bebatuan besar yang ada di pinggir pantai semakin menambah eksotisme Pantai Sebong Pereh.

– Pantai Senggiling

Tidak hanya Pantai Lagoi atau Pantai Trikora saja yang sangat eksotis yang dimiliki Kabupaten Bintan. Tapi Pantai Senggiling ini memberikan panorama yang benar-benar berbeda. Berjajarnya pohon kelapa di pinggir pantai dan juga bebatuan besar yang ada di sebgian bibir pantai menambah eksotisme Pantai Senggiling. Tempat wisata di Riau ini sangat cocok untuk berenang dan berendam, karena airnya benar-benar sangat jernih. Lokasi wisata Pantai Senggiling ini berada di Kelurahan Sri Bintan, tepatnya di Desa Senggiling.

– Pantai Tanjung Berakit

Sedikit berbeda view Pantai Tanjung Berakit dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bintan. Pantai Tanjung Berakit ini sangat dekat dengan pelabuhan, jadi tidak hanya melihat panorama indah pantainya saja, tetapi kamu juga bisa melihat kapal feri lalu-lalang di pelabuhan Tanjung Berakit. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki warna air laut yang sangat biru, dipadu dengan pasir putihnya yang bersih menjadi terlihat sangat eksotis. dan juga rindangnya pepohonan di pinggir pantai membuat suasana tetap sejuk. Lokasi Pantai Tanjung Berakit ini berada di Kecamatan Teluk Sebong.

– Pantai Trikora

Tidak kalah eksotisnya dengan Pantai Lagoi. Pantai Trikora memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan hamparan luas pasir putih dan ombaknya yang begitu landai. Panoramanya terkesan masih sangat asri, dengan beberapa bebatuan karang yang menjorok ke pantai semakin menambah eksotisme Pantai Trikora. Air lautnya yang kebiruan semakin mengundang para wisatawan untuk merasakan segarnya air Pantai Trikora. Lokasi wisata Pantai Trikora berada di Kecamatan Gunung Kijang, Desa Malang Rapat.

– Pulau Beralas Pasir

Banyak yang menyebutnya White Sand Island, karena hampir keseluruhan Pulau Beralas Pasir ini didominasi oleh pasir putih. Sudah bisa dipastikan tempat wisata di Kepulauan Riau ini benar-benar eksotis karena pasirnya yang putih bersih. Tapi tidak hanya itu saja, keindahan bawah lautnya yang ada di pulau ini akan membuat kamu terpukau, berbagai jenis ikan dan terumbu karang akan membuat mata wisatawan berbinar karena keindahannya. Lokasi Pulau Beralas Pasir ini masuk di wilayah Teluk Bakau, dan hanya sekitar 20 hingga 30 menit menggunakan perahu motor dari pelabuhan Teluk Bakau.

– Pulau Kelong

Kamu harus menggunakan perahu motor atau pompon yang berangkat dari Kijang Kota dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Di pulau Kelong kamu akan melihat hijaunya hutan bakau yang ada di pinggir pantai. Dan kadang digunakan oleh para pemancing sebagai spot memancing terbaik karena ikannya juga cukup besar-besar. selain itu wisatawan juga bisa melihat lebih dekat adat dan istiadat dari masyarakat yang menghuni Pulau Kelong. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang membutuhkan lebih banyak lagi sentuhan dari pemerintah agar lebih banyak wisatawan yang berdatangan di Pulau Kelong.

– Pulau Mapur

Dilihat dari besarnya pulau mungkin tidak sebesar p[ulau lainnya yang ada di dalam Kabupaten Bintan. Tapi eksotismenya jelas tidak kalah indahnya, dengan berhias pepohonan nan rindang dan juga bebatuan besar membuat Pulau Mapus semakin sedap dipandang. Cukup banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kepulauan Riau ini ingin menikmati keindahan alam bawah lautnya. Mulai dari snorkeling hingga diving atau sekedar menikmati panorama Pulau Mapur. Untuk mencapai lokasi Pulau Mapur kamu bisa menaiki perahu motor dari Pelantar Indah Kijang yang hanya 30 menitan.

– Pulau Nikoi

Lokasi Pulau Nikoi cukup berdekatan dengan Pulau Beralas Pasir dan pernah dinobatkan sebagai The Best Private Island 2016. Inilah tempat wisata di Kepulauan Riau yang menjadi andalan Kabupaten Bintan. Dan cukup banyak wisatawan mancanegara yang menginap di resort-resort mahal di Pulau Nikoi. Panorama alamnya memang sungguh mempesona ditambah lagi dengan keindahan alam bawah lautnya yang cukup eskotis. Jadi sangat wajar jika Pulau Nikoi ini menjadi salah satu pulau terbaik yang ada di Kabupaten Bintan.

– Pulau Pangkil

Inilah private island yang dimiliki oleh Kabupaten Bintan, tapi sepertinya pengelolaannya diserahkan ke pihak swasta atau Pangkil Resort. Wisatawan harus merogoh kocek sedikit agak dalam jika ingin berwisata di Pulau Pangki. Setidaknya hingga puluhan juta untuk menyewa keseluruhan pulau dalam 3 hari 2 malam. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang menawarkan sesuatu yang berbeda. Jadi ketika kamu menyewa pulau ini maka tidak akan ada penghuni lainnya yang ada di Pulau Pangkil. Dan yang paling keren adalah segala fasilitas benar-benar disediakan di Pulau Pangkil. Mulai dari kolam renang air tawar, penginapan, alat, snorkeling, hingga alat surfing ada di pulau yang memiliki pasir putih dan pantainya yang menakjubkan ini.

– Pulau Penyusuk

Kamu harus menggunakan perahu motor agar bisa sampai di Pulau Penyusuk. Kamu bisa berangkat dari Pantai Trikora yang hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menitan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang cukup terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Kamu bisa menikmati berbagai warna dan jenis ikan dan juga keunikan terumbu karang. Pulau Penyusuk bisa dikatan sebagai surga tersembunyi karena pulau ini tidak berpenghuni dan masih sangat alami dan asri panorama alamnya.

– Pulau Tambelan

Salah satu pulau terluar yang masih di wilayah Kabupaten Bintan ini berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Padahal potensi wisata yang dimiliki Pulau Tambelan ini sungguh menakjubkan. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu bisa menikmati pantai sera milik sendiri, karena memang masih jarang wisatawan yang datang dan hanya penduduk lokalnya saja. Belum lagi keindahan bawah lautnya yang belum tereksplorasi penuh. Hal ini dikarenakan jaraknya dari Tanjung Pinang sekitar 300 km membuat wisatawan jarang mengunjungi Pulau Tambelan.

– Puncak Gunung Bintan

Tidak seperti gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia, Puncak Gunung Bintan ini ttingginya tidak lebih dari 500 atau dikisaran 400 meter an saja. Tapi meskipun tidak tinggi panoramanya benar-benar memukau. Mulai dari perbukitan nan hijau, birunya laut hingga sunset yang begitu cantik. Selain itu tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga terdapat Air Terjun Gunung Bintan dan juga perkebunan durian yang pada musim tertentu sangat murah harganya.

– Ria Bintan Golf Club

Olahraga tapi juga wisata, itulah yang ada di Ria Bintan Golf Club. Lapangan golf ini bersebelahan dengan pantai, jadi viewnya benar-benar sangat istimewa. Ria Bintan Golf Club ini termasuk salah satu lapangan golf yang bertaraf internasional. Dan yang spektakulernya lagi adalah mampu memikat para penggila olahraga golf baik dari mancanegara selalu berdatangan di Ria Bintan Golf. Dan paling sering adalah wisatawan dari Malaysia dan Singapura. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong.

– Situs Kota Kara

Inilah situs yang meninggalkan cerita yang nyaris terlupakan, padahal Situs Kota Kara ini adalah salah satu bukti bahwa ada Kerajaan sebelum Kerajaan Islam itu masuk di Pulau Bintan. Kerajaan Bintan konon katanya berdiri sekitar tahun 1100 yang memiliki seorang raja yang bernama Raja Asyhar Aya. Jadi kerajaan ini lebih dahulu berdiri sebelum ada Kerajaan Johor, Melaka, Riau, dan lain-lainnya. Kini Situs Kota Kara menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup sering didatangi para ahli sejarah dan juga peneliti, begitu juga dengan wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat sejarah Bintan.

Untuk Berkunjung Kepulau Bintan bisa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *