WASPADA MODUS PENIPUAN JUAL BELI MOBIL

Amanah Transporter berpesan kepada para pembaca sekalian tentang hal ini. Paling penting, kebanyakan modus penipuan berawal dari iklan yang diunggah di internet atau koran, bukan lewat dealer mobil bekas. 
 
Karena berdasarkan pengalaman, para penipu tersebut biasanya datang pagi pagi buta, dengan menciptakan suasana bahwa dia sungguh sungguh berminat dengan mobil yang kita jual,dan memberikan DP 2 juta Rupiah dengan alasan agar kita tidak menjual lagi kepada orang Lain. Kemudian dia bergegas pamit dengan Alasan ada aktivitas lain dan akan menyelesaikan urusannya siang nanti. Tentunya sebagai penjual kita senang. Namun sebenarnya disinilah kunci perangkap penipu tersebut.
 
Kemudian setelah dirasa aman, penipu akan datang lagi saat kita sudah keluar rumah,dan tinggallah istri kita di rumah, dengan alasan meminjam surat surat kendaraan untuk difoto copy, pada kesempatan inilah dia menggunakan surat surat kendaraan kita untuk digadai, atau dipalsukan untuk digunakan pada mobil-mobil curian. 
 
Amanah Transporter juga pernah mengalami modus klasik penipuan, yaitu lewat ATM. Penipu berpura-pura tertarik dengan iklan, dan berjanji akan mentransfer. Tapi ternyata dia hanya berniat menggiring penjual untuk mengecek saldo di ATM, dan menipu lewat hipnotis dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu tersebut. 
 
Sebaliknya, ada penipu yang berpura-pura menjual mobil lewat internet. Jika tertarik, dan penjual meminta DP via transfer bank agar tidak dijual ke orang lain, waspadalah, karena ini hanya modus penipuan. Paling aman, bertransaksi di tempat, melihat mobil di lokasi, dan sebisa mungkin meminta bukti kwitansi jika sudah bertransaksi, berapa pun uang yang dikeluarkan.Soal surat-surat kendaraan, dijelaskan saat ini ada celah untuk penipu memalsukannya. Hal ini dikarenakan BPKP yang baru tidak seperti model lama yang punya catatan sejarah pemilik. Gara-gara ini banyak mobil bodong yang akhirnya dibuatkan BPKB aspal. 
 
Paling aman, beli mobil secara kredit di leasing. Buang duit sedikit tapi aman. Kecuali kenal benar dengan penjual atau showroom terpercaya.Selain itu, untuk menghindari hal ini, sebelum bertransaksi ada baiknya melakukan cek fisik mobil ke Samsat. Di sini semua keganjilan akan kentara. Jika penjual enggan diajak cek fisik kendaraan dengan berbagai alasan, patut dicurigai mobil bekas yang akan dibeltak punya surat-surat lengkap. 
 
Jika Anda berniat membeli mobil bekas dalam waktu dekat, selain harus teliti memeriksa kondisi mesin dan body mobil pastikan juga cek kebenaran data mobil, sekaligus pasang kewaspadaan terhadap aksi penipuan. Banyak modus dalam hal ini, mulai pemalsuan surat-surat hingga penipuan gaya lama.
 
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua,dan menjauhkan kita dari modus modus penipuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *