TIPS BERKENDARA MOBIL DENGAN AMAN DAN BAIK

http://www.menshealth.co.id/images/article/12/004/004/109/400/PMengemudikan suatu kendaraan sangat membutuhkan sebuah konsentrasi yang tinggi dijalan. Jangan sampai ada hal-hal kecil yang tak terduga dapat mengakibatkan hal fatal dan mengancam keselamatan pengemudi maupun penumpang. 
Mobil yang sehat, baik mesin, suspensi, kaki-kaki maupun pengereman tidak menjamin seorang pengemudi terhindar dari bahaya kecelakaan di jalan raya.
Kadang seorang pengemudi lupa hal-hal yang harus dilakukan saat berkendara…
Sebagai solusi dan persiapan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkkan, berikut dibawah ini beberapa hal yang patut dipersiapkan, diperhatikan dan dilakukan sebelum dan saat berkendara dijalan raya.

1. Lakukan pemeriksaan awal kendaraan sebelum melakukan engine-start, diantaranya adalah pengecekan lampu indikator, tekanan angin ban, kondisi bodi, termasuk pemerikasaan bawah kendaraan untuk mengantisipasi kebocoran oli ataupun minyak rem.
2. Pastikan anda menggunakan sabuk pengaman dan jangan lupa untuk memeriksa apakah sudah terkait dengan penguncinya atau belum. Pastikan juga posisi pemakaian sabuk pengaman tersebut benar dengan menyilangkannya tulang bahu kepinggul pengemudi dengan demikian dapat menghindari cedera lebih berat saat terjadi kecelakaan.
3. Sesuaikan posisi spion pengemudi didalam dan posisi spion samping kendaraan. Pastikan tidak ada blind-spot (sudut yang tidak terlihat) dan pengemudi  dapat melihat setiap sudut secara optimal.
4. Peganglah kemudi / setir mobil dengan posisi yang baik. Posisi ideal untuk memgang setir adalah dengan memposisikan kedua tangan berada diposisi jam 3 dan 9, dengan pertimbangan untuk mobil yang menggunakan airbags (kantong udara) akan mengembang  diantara kedua tangan, selin itu juga dapat mempermudah untuk menggapai tuas belok dan wiper mobil dengan jari.

5. Janganlah melakukan/menerima panggilan telepon, makan dan minum, bahkan mengobrol secara berlebihan, karena da[pat mengganggu konsentrasi Anda. Jika memang keadaanya darurat pastikan anda berhenti sejenak ditempat yang aman.
6. Jagalah jarak aman kendaraan dengan kendaraan lainnya yang ada di depan, samping maupun di belakang. Selalu menjaga jarak aman antara kendaraan beriringan kurang lebih 3 detik. Hal ini berguna pada saat pengeraman mendadak yang membutuhkan jarak dan kita perlu untuk menghindar apabila terjadi hal buruk. 
7. Jagalah etika berkendara dijalan raya dengan tidak mengebut dijalan, berjalan zig-zag, maupun memotong jalur mobil dengan cara tiba-tiba serta meyalip dari arah kiri. Pastikan jika anda berjalan santai menggunakan lajur tengah ataupun kiri, dan memberikan kesempatan bagi mobil yang ingin mendahului anda.
8. Jika anda wanita yang sedang hamil, pastikan bahwa anda mendapatkan persetujuan dari dokter anda untuk mengendarai mobil. Passtikan keselamatan diri anda dan calon bayi anda dari hal yang tidak di inginkan.
9. Jangan mengemudikan kendaraan jika anda mengantuk, berhentilah dan beristirahatlah ditempat peristirahatan jika benar-benar tidak dapat menahan kantuk. Dan jangan sekali-kali mengemudikan kendaraan jika anda dibawah pengaruh alkohol. Karena dapat membahayakan diri dan orang disekitar anda.
Drive Safely and Respect Between Others Road User and Remember Your Family Waiting For you at Home,,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *